Sunday, July 14, 2013

Cerpen
Kutukan Bau Badan
Setiap orang apalagi cewek tentu sangat keganggu dengan yang namanya BB, eits bukan Blackberry. Itu sih mau banget kali yah. BB ini adalah masalah Bau Badan. Uuuh, siapa coba yang betah kalau disampingnya ada orang yang mempunyai masalah begituan. Gue sebut Bau Badan adalah sebuah kutukan, karena secara gak sengaja gue yang mengalaminya. Sial banget kan? Dari kecil sampe kuliah semester 4, gue nggak pernah punya masalah yang namanya BB. Walaupun mandi gue gak sehari 3x atau lebih, bahkan gue pernah juga nggak mandi dalam sehari, tapi badan gue gak bau. Semenjak gue ditingkat 3, entah kenapa kelenjar keringet gue rasanya banyak banget. iyuuuuuh
Kutukan? Sepertinya nama itu layaknya gue ada di gunung hejo purwakarta, terus gue gak sengaja ngomong yang nggak-nggak lalu si penghuni marah dan gue dikutuk. Haha nggak gitu juga sih. Kutukan ini kalo kerennya karma kali ye. Awal masuk kuliah, gue mulai aktif yang namanya organisasi. Yang namanya organisasi gak mungkin sendiri kan? Kecuali organisasi di sebuah perusahaan yang namanya kuburan, mungkin aja gue sendiri ngejagain makam-makam. ~kok perasaan ngomonginnya kearah ghaib-ghaib mulu~ ok gue skip. Di sebuah organisasi, asik sebuah kayak apa aja ye.. gue dikelempokin, sekelompok nya 5 orang. Karena gue adalah salah satu orang yang funny, lucu, dan tidak sombong haha #lebay tentu kelompok gue paling asik kece abis, dan kadang membuat gue agak sedikit sombong, jangan sampe orang lain gabung. Salah satu temen sekelempok gue yang sama-sama di organisasi yang artinya temen gue juga ~yakali gue tau~ suka ikut bareng kan sama gue dan yang lain. pertama sih gak ada masalah, tapi lama-lama gue jadi keganggu juga. Sorry, badan dia bau banget. Gue biasa manggil dia dengan sebutan baba, nama asli dia sih beby. Baba singkatan dari bau badan #sumpahjahat tapi si beby nggak tau sih. Gue mulai cerita sama temen-temen sekelempok gue, kalo gue gak betah dengan bau badan si beby.
“Anyone, please tell her.. I beg you”
“aku gak enak say kalo ngomong ke dia”
Akhirnya gue mulai ngedumel ke diri gue, mulai ngejauhin dia. Soalnya gue gak tahan, gak tahan harus deketan sama dia, jalan bareng dia. Setelah lama gue keluar dari organisasi itu, gue mulai hang out bareng temen kampus gue. Gue ngerasa lebih betah sama mereka. Gue lebih fokus ke belajar, gak ke organisasi. Mereka tentunya gak punya masalah BB.
Tapi, masalah kayaknya gak berhenti sampe situ aja. Inilah awal kutukan datang ke gue. Salah satu temen kampus gue namanya sopia nyuruh gue nginep dikosan dia selama 1 bulan. Dia minta gue nemenin dia, soalnya dia sering sendiri dikosan. Entah kenapa tiba-tiba dia mendadak nyariin kosan baru buat gue. Soalnya, sebenenrnya gue secara tidak langsung seneng saat dia ngajakin nginep dikosan dia, karena gue udah gak betah dikosan lama gue. Finally, gue nyari kosan baru, gue pikir sopia bantuin gue nyariin kosan baru karena dia kasihan gue gak betah dikosan lama, trus gue mikirnya dia ngerasa keganggu juga.
Waktu itu gue penasaran nanya ke dia, alesan dia kenapa nyruh gue nyari kosan baru
“lo bau bor”
“ah, sumpah?” kaget gue
“selama ini gue sebel, ngedumel sendiri tapi gue juga cerita ke yang lain soal badan elo yang bau”
Oh God, gue seolah kesambar petir, angin puting beliung, badai tsunami. Selama ini gue ngerasa paling wangi saat gue di organisasi, dan sekarang gue dibilang bau? Gue baru inget, kalo selama ini gue si gadis yang memperhatiin penampilannya perlahan berubah karena ngeliat kondisi temen-temen di organisasi yang sedikit agak jorok kalo gue harus bilang. Mereka pake baju rumah berhari-hari dipakai aktivitas, dan dipakai tidur pula. Macam mana ini… dan selama gue nginep di kosan sopia, kelakuan gue kayak gitu. Jelaslah si sopia ngerasa gak tahan, sampe nyariin kosan baru buat gue.
Gue juga inget, kalo gue suka ngedumel ke si baba eh beby maksud gue. Kayaknya ini kali ya yang namanya kutukan si Bau badan buat gue. Gue si cewek yang diprotes karena terlalu wangi, akhirnya diprotes karena terlalu bau. Gue ngerasa bingung, jadi gue mesti gimana? Wangi atau bau?
Ok, fine. Gue lebih milih pengen wangi. Bukan buat narik perhatian cowok ya please, tapi buat kepentingan gue sebagai cewek. Hidup gue kan gak akan mahasiswa selamanya #amitamit dah. Ntar kan gue nikah, punya suami ~kalo gak ada suami, kagak nikah-nikah kali~
“Bor, cewek tuh penting jaga tubuhnya, bukan buat siapa-siapa tapi buat dirinya sendiri. Islam kan ngajarin kebersihan itu sebagian dari iman, dan gue pikir lo lebih tau hal itu” papar sopia
Big thanks to Sopia, sekarang gue nyadar selama mungkin 1 semester atau setahun mungkin gue ada masalah dengan badan gue. Dan ini gak akan terulang lagi. 1 hal lagi yang penting, gue gak akan ngedumel, ngehina, atau ngomongin orang yang beda atau jelek dari gue. Gue takut kena lagi kutukan. Terlebih kutukan bau badan….

Ramadhan tahun ini, gue mempelajari berbagai hal dan gue seperti terlahir kembali menjadi diri gue yang dulu #lebay

No comments:

Post a Comment